Senin, 02 November 2009

BUKU GOOGLE YAKINKAN PENERBIT EROPA


BRUSSEL--MI: Mesin pencari di Internet Google Inc mengatakan pada Senin (7/9)Â bahwa akan membuat konsesi dengan penerbit Eropa untuk mencoba dan membantu kekhawatiran selama ini atas proyek Buku Google dengan tujuan menemukan buku secara online yang masih menjadi kendala.

Perpustakaan digital Google telah mengangkat seorang penulis di Internet yang mengakibatkan saingannya seperti Microsoft, Yahoo dan Amazon hingga dapat memicu ketakutan diantara beberapa warga Eropa yang memegang hak cipta eksklusif mereka dapat terkikis.

Juru bicara Google, Bill Echikson mengatakan perusahaan akan mencoba mengatasi keprihatinan ini dengan menunjuk dua perwakilan dari Eropa untuk mengawasi proyek, salah satu dari keduanya menjadi representatif untuk penulis dan yang satunya untuk penerbit.

Echikson juga mengatakan bahwa Google akan berbuat lebih banyak untuk dapat memeriksa buku edisi Inggris yang akan diterjemahkan dalam bahasa Eropa, hingga tidak keliru jika dicetak dan diedarkan di Amerika Serikat.

Banyak dari penerbit mengkhawatirkan dengan menambahkan buku-buku tersebut ke perpustakaan Google, mereka akan kehilangan keuntungan dari penjualan dan hak mereka sebagai penerbit tidak ada.

Komisi Eropa pada Senin (7/9) telah mengadakan sidang untuk memeriksa efek dari Buku Google dalam kurun waktu 10 bulan untuk menyelesaikan permasalahan dengan penulis Amerika dan pemegang hak cipta penerbit di Uni Eropa.

Tidak seperti di Amerika Serikat, Buku Google hanya dapat dibaca sekilas untuk buku-buku Eropa yang telah lebih dari 150 tahun untuk menghindari pelanggaran hak cipta. (AP/OL-03)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2009/09/09/94571/39/6/Buku_Google_Yakinkan_Penerbit_Eropa

Analisis Permasalahan : Proyek perpustakaan online yang dibuat oleh google, menimbulkan ketakutan bagi para pesaing maupun warga eropa yang memegang hak cipta eksklusif buku-buku yang akan dimasukkan kedalam perpustakaan online google tersebut.

Solusi : Untuk solusi dari perusahaan google sendiri ialah, mereka menunjuk 2 perwakilan dari eropa untuk mengawasi jalannya proyek perpustakaan online ini, serta member masa percobaan selama 10 bulan untuk mendapatkan feedback proyek ini dari masyarakat.

Pendapat kami : Menurut pendapat kami, ide dari proyek perpustakaan online google itu sendiri sangatlah bagus, melihat dari efisiensi dan pemanfaatan tekhnologi yang ada saat ini. Memang proyek ini sangat rentan bila dikaitkan dengan permasalahan hak cipta yang dipegang baik oleh penulis maupun penerbit. Masalah ini, menurut pandangan kami, dapat diselesaikan dengan melakukan pengawasan yang ketat oleh pihak pemegang hak cipta dan juga dari pihak google sendiri. Sedangkan untuk mengatasi rasa ketakutan yang dirasakan oleh para pemegang hak cipta tersebut, dapat diselesaikan dengan cara pembagian keuntungan bagi setiap pengaksesan buku-buku mereka yang diakses oleh masyarakat luas.

Sebenarnya masalah ini, untuk masa sekarang belum terlalu berpengaruh di Negara-negara berkembang, karena pengaksesan kepada perpustakaan online ini belum maksimal seperti di Negara-negara maju. Karena pengaksesan internet sendiri belum terjangkau bagi setiap masing-masing individu secara merata.

Nama anggota kelompok Sarmag TI :

Muhammad Razi A.

Kezia Velda Roberta

Astie Darmayantie

0 komentar:

Posting Komentar